mmb.codexacademy.id

Jenis Cat

Apa Itu Fouling dan Anti-Fouling???

Sederhanannya begini, Fouling adalah kotoran pada lambung kapal yang disebabkan adanya tumbuhan dan hewan laut yang mengendap serta tumbuh pada bagian bawah garis air lambung kapal. Anti-fouling adalah teknik yang mencegah pengotoran atau mengurangi pertumbuhan organisme.

Dengan banyaknya kotoran permukaan lambung kapal menjadi kasar dan hambatan kapal pada saat berlayar akan meningkat. Akibatnya, kecepatan kapal pada saat berlayar lebih lambat atau peningkatan konsumsi bahan bakar untuk mempertahankan kecepatan yang sama. hal ini lah yang membuat banyak perusahan membuat cat anti fouling yang bertujuan untuk melapisi bagian bawah kapal untuk mencegah organisme atau tumbuhan laut seperti alga dan moluska yang menempel pada lambung kapal yang dapat memperlambat laju kapal dan meningkatkan konsumsi bahan bakar.

Fouling adalah kotoran pada lambung kapal yang disebabkan adanya tumbuhan dan hewan laut yang mengendap serta tumbuh pada bagian bawah garis air lambung kapal. Dengan banyaknya kotoran permukaan lambung kapal menjadi kasar dan hambatan kapal pada saat berlayar akan meningkat. Akibatnya, kecepatan kapal pada saat berlayar lebih lambat atau peningkatan konsumsi bahan bakar untuk mempertahankan kecepatan yang sama.

Anti-fouling adalah teknik yang mencegah pengotoran atau mengurangi pertumbuhan organisme. Teknik yang paling umum digunakan adalah penggunaan pelapis khusus atau cat yang diterapkan pada bagian bawah garis air lambung kapal. Ada banyak jenis cat Anti-fouling, beberapa dibuat khusus untuk kapal rekreasi dan untuk kapal niaga.

hal ini lah yang membuat banyak perusahan membuat cat anti fouling yang bertujuan untuk melapisi bagian bawah kapal untuk mencegah organisme atau tumbuhan laut seperti alga dan moluska yang menempel pada lambung kapal yang dapat memperlambat laju kapal dan meningkatkan konsumsi bahan bakar. 

Jenis cat anti-fouling yang digunakan dapat berbeda-beda tergantung pada jenis kapal dan kegiatan operasionalnya. Aspek lain yang terkait dengan pengurangan konsumsi bahan bakar adalah menghasilkan lebih sedikit emisi gas rumah kaca. Sebuah kapal yang dirawat dengan produk yang tepat juga dapat menghemat biaya operasional. Alasan paling penting untuk menggunakan anti-fouling adalah untuk mencegah konsumsi bahan bakar tambahan dengan demikian menghemat biaya operasional.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.